Kasus Mengenai Sumber Daya Alam

hutan_gundulBangunan-Liar-beritajakarta

Hutan, laut, dan pantai adalah sebagian dari lingkungan hidup yangmerupakan aset pembangunan yang diperlukan untuk kesejahteraan manusia yang pemanfaatannya perlu dilestarikan. Keberagaman fungsilingkungan sangat memungkinkan Indonesia untuk bisa setara dan menjadi pelopor bagi negara-negara berkembang lainnya dalam hal mendesak negara-negara maju agar segera menurunkan emisi. Lingkungan-lingkungan yanga ada di Indonesia tidak akan pernah menjadi baik, apabila orientasi pemerintah hanya mengejar pendapatan negara dan demi kepentingan pemodal. Bila ada seseorang yang telah melakukan pengrusakan, itu artinya dia telah merugikan semua orang di dunia yang seharusnya bisa dirasakan untuk hidup. Kerusakan sumber daya alam banyak ditentukan oleh aktivitas manusia. Banyak kasus-kasus pencemaran dan kerusakan lingkungan yang diakibatkan oleh aktivitas manusia, seperti pencemaran udara, pencemaran air, pencemaran tanah, serta kerusakan hutan.

Semuanya tidak terlepas dari aktivitas manusia yang pada akhirnya akan merugikan manusia itu sendiri. Bentuk kerusakan lingkungan hidup akibat aktivitas manusia. Misalnya kerusakan samudra, sebagian besar ikan di samudra dikuras. Suatu laporan oleh Program Lingkungan Hidup PBB menyatakan bahwa 70% wilayah penangkapan ikan di laut sangat dieksploitasi sehingga reproduksi tidak dapat atau hanya dapat menghasilkan ikan sejumlah yang ditangkapi nelayan. Hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup di daerah dalam era otonomi daerah yaitu:

  1. Otonomi daerah yang belum mampu dilaksanakan dengan baik
  2. Pendanaan yang minim di bidang lingkungan hidup
  3. Eksploitasi sumber daya alam mengedepankan keuntungan dari sisi ekonomi
  4. Lemahnya pengawasan lingkungan (pencemaran, dan perusakan lingkungan)
  5. Minimnya pemahaman masyarakat tentang lingkungan hidup dari tiap golongan, atas atupun menengah.
  6. Pererapan teknologi yang tidak ramah lingkungan.

Hal-hal tersebut sangat merugikan baik untuk individu manusia maupun lingkungan sekitar. Dengan membangun sebuah pabrik ataupun pemukiman didaerah pegunungan, hutan, pinggiran sungau akan menyebabkan dampak kerusakan lingkungan hidup yang baik secara langsung atu tidak langsung dilakukan oleh manusia diantaranya banjir yang disebabkan penggundulan hutan dan pembangunan pemukiman-pemukiman liar didaerah aliran sungai, kerusakan hutan bakau akibat oknum-oknum tidak bertanggung jawab, pembuangan sampah sembarangan dan lain sebagainya.

Sumber :

https://www2.facebook.com/KpmPpSulut/posts/493473194034856

https://www.academia.edu/6086999/Dinamika_pengelolaan_krisis_sumberdaya_hutan_di_era_perubahan_iklim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: