Penyadapan Australia Terhadap Indonesia

Penyadapan bisa dilakukan sebagai usaha untuk mengumpulkan informasi strategis dan tergantung dari bagaimana suatu Negara bekerja dalam operasi tersebut, namun dalam penyadapan tetap ada etika yang harus dijalankan, hukum internasioanal dan hubungan politik antara Negara. Penyadapan juga dapat dipandang dari tiga aspek yakni hukum, psikologis dan politik. Dari aspek hukum, ada konvensi Wina yang terkait etika hubungan antarnegara dari sisi aspek politik ada etika dalam hal spionase, intelejen, mata-mata dan sebagainya.

Beberapa bulan yang lalu Indonesia dikabarkan mengalami aksi penyadapan yang dilakukan Australia yang terekan dalam dokumen yang dirilis Edward Snowden, mantan agen Amerika. Tindakan ini dinilai menciderai sebuah hubungan komunikasi antara Negara. Sementara itu dokumen-dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden mengatakan bahwa intelejen militer Singapura membantu badan-badan mata-mata Amerika Serikat, Inggris, dan Australia mengumpulkan data melalui kabel bawah laut besar yang menghubungkan lebih dari 30 negara termasuk China, Indonesia, Malaysia, Arab Saudi, Vietnam, Inggris, dan Perancis.

Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Jaleswari Pramodhawardani mengatakan menyikapi aksi penyadapan yang dilakukan Australia hendaknya Pemerintah Indonesia melaporkannya ke PBB seperti yang dilakukan negara-negara lainnya tidak hanya dengan mengirimkan surat kepada perdana menteri Australia. Menurutnya,  negara-negara lainnya melaporkan aksi penyadapan yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan Australia terhadap 35 pemimpin dunia ke Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB). Negara-negara yang melaporkan ke PBB, kata dia, adalah Jerman, Brasil, Spanyol, dan sejumlah negara lainnya, sehingga PBB menerbitkan resolusi  anti penyadapan karena melanggar privasi pemimpin negara dan melanggar hukum internasional. Langkah yang dilakukan Pemerintah Indonesia yakni mengirimkan surat kepada perdana menteri Australia adalah kurang tepat.

 

Sumber:

http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/11/27/1/197493/Penyadapan-Indonesia-Bisa-Laporkan-Australia-ke-PBB

http://www.antaranews.com/berita/406786/indonesia-minta-penjelasan-tentang-penyadapan-singapura-dan-korsel

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: