Membangun Strategi Sosial Nasionalisme yang Berkelanjutan

Definisi Pembangunan Bekelanjutan

Pembangunan berkelanjutan tidak saja berkonsentrasi pada isu-isu lingkungan. Lebih luas daripada itu, pembangunan berkelanjutan mencakup tiga lingkup kebijakan: pembangunan ekonomi,pembangunan sosial dan perlindungan lingkungan. Skema pembangunan berkelanjutan:pada titik temu tiga pilar tersebut. Konsep pembangunan berkelanjutan dengan menyebutkan bahwa “…keragaman budaya penting bagi manusia sebagaimana pentingnya keragaman hayati bagi alam”. Dengan demikian “pembangunan tidak hanya dipahami sebagai pembangunan ekonomi, namun juga sebagai alat untuk mencapai kepuasan intelektual, emosional, moral, dan spiritual”. dalam pandangan ini, keragaman budaya merupakan kebijakan keempat dari lingkup kebijakan pembangunan berkelanjutan.

Definisi Nasionalisme

Nasionalisme adalah suatu sikap politik dari masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan, dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan, dengan demikian masyarakat suatu bangsa tersebut merasakan adanya kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa itu sendiri. Demikian juga ketika kita berbicara tentang nasionalisme. Nasionalisme merupakan jiwa bangsa Indonesia yang akan terus melekat selama bangsa Indonesia masih ada. Nasionalisme telah menjadi pemicu kebangkitan kembali dari budaya yang telah memberi identitas sebagai anggota dari suatu masyarakat bangsa-bangsa . Secara umum, nasionalisme dipahami sebagai kecintaan terhadap tanah air, termasuk segala aspek yang terdapat didalamnya.

Definisi Strategi

Strategi terbagi menjadi 5 yaitu: strategi sebagai perspektif, strategi sebagai posisi, strategi sebagai perencanaan, strategi sebagai pola kegiatan, dan strategi sebagai penipuan yaitu muslihat manusia. Sebagai perspektif; dimana strategi dalam membentuk misi, menggambarkan perspektif kepada semua aktivitas. Sebagai posisi; dimana dicari piliha untuk bersaing sebagai perencanaan; dalam hal strategi menentukan tujuan performansi perusahaan. Sebagai pola kegiatan; dimana dalam strategi dibentuk suatu pola yaitu umpan balik dan penyesuaian. Menurut Henry Mints juga strategi merupakan sebuah pola dalam aliran keputusan atau tindakan. Dari berbagai pendapat yang dipaparkan para ahli, dapat di tarik kesimpulan bahwa strategi adalah suatu perencanaan dalam bentuk tindakan untuk mencapai tujuan.

            Dalam membangun strategi nasionalisme yang berkelanjutan, telah dikatakan pada definisi diatas bahwa dalam membangun strategi nasionalisme harus bisa menyatukan masyarakat suatu bangsa yang mempunyai kesamaan budaya, kesamaan tujuan dan harus memiliki kesetiaan terhadap bangsanya dengan konsep pembangunan yang berkelanjutan yang mementingkan keragaman hayati bagi alam jadi tidak hanya dalam pembangunan ekonomi yang di pentingkan namun juga keragaman budaya merupakan salah satu kebijakan dalam pembangunan yang berkelanjutan. Strategi nasionalisme tersebut dapat diterapkan seperti:

  • Mengembangkan cinta nasionalisme

Cinta tanah air merupakan kewajiban seluruh masyarakat yg hidup di suatu negara. Penting rasanya jika kita memiliki rasa cinta tanah air ini terhadap suatu negara, memilikir rasa tersebut bukan hanya akan menimbulkan kebanggan dalam suatu diri, tetapi juga akan menimbulkan suatu kekhasan pada setiap individual dalam bermasyarakat. Memiliki kekhasan rasa cinta tanah air yg individual ini merupakan hal yg sangat wajib layaknya suku yg berada di negara ini, karena setiap perbedaan memiliki karkater dan warna tersendiri yg akan menimbulkan keindahan. tentu saja perbedaan yg dimaksut adalah perbedaan yg berdampak positif bukan negatif yg nantinya malah merusak bangsa.

  • Mengembangkan pendidikan bangsa

Pendidikan merupakan salah satu kunci pembangunan suatu bangsa untuk mencapai ketingkat yang lebih memadai. Pendidikan juga mempunyai tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia untuk menjadi penerus-penerus yang berpendidikan baik, jujur serta mempunyai jiwa nasional yang tinggi. Kondisi ideal dalam bidang pendidikan salah satunya adalah setiap anak bisa bersekolah hingga tingkat SMA tanpa membedakan status apapun, karena sekolah itu merupakan hak mereka. Meneruskan dan mengefektifan program rehabilitasi gedung-gedung sekolah sehingga terbangun fasilitas pendidikan yang memadai dan lebih bermutu, dan juga menambahkan teknologi informatika diagarkan mengajar bisa lebih efektif dan berkualitas. 

  • Melestarikan kebudayaan bangsa

Penyakit masyarakat sekarang ini adalah mereka terkadang tidak bangga terhadap produk atau kebudayaannya sendiri. Kita lebih bangga terhadap budaya – budaya orang asing ataupun orang luar yang sebenarnya tidak sesuai dengan budaya kita. Budaya daerah banyak hilang dikikis zaman. Oleh sebab kita sendiri yang tidak mau mempelajari dan melestarikannya. Alhasil kita baru bersuara ketika negara lain sukses dan terkenal dengan budaya yang mereka curi secara diam – diam.  Pemerintah harus mengimplementasikan kebijakan – kebijakan yang mengarah pada upaya pelestarian kebudayaan nasional.

.

Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Pembangunan_berkelanjutan

http://fikternora.16mb.com/2012/11/strategi-mempertahankan-identitas-nasional-di-era-globalisasi/

http://edukasi.kompasiana.com/2013/09/22/mengembangkan-rasa-cinta-kepada-tanah-air-dan-bangsa-594106.html

http://a2b-abrory.blogspot.com/2011/02/sikap-dan-tindakan-untuk-melestarikan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: