Cara Untuk Membenahi Sistem Pendidikan Di Indonesia

Pendidikan merupakan salah satu kunci pembangunan suatu bangsa untuk mencapai ketingkat yang lebih memadai. Pendidikan juga mempunyai tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia untuk menjadi penerus-penerus yang berpendidikan baik, jujur serta mempunyai jiwa nasional yang tinggi. Pendidikan sendiri di Indonesia dibagi menjadi 2 bagian yaitu pendidikan berstruktur dan pendidikan tidak berstruktur. Pendidikan terstruktur di Indonesia menjadi tanggung jawab dari Kementrian Pendidikan Nasional Republik Indonesia atau biasa dikenal dengan Kemdiknas. Di Indonesia, semua pelajar mempunyai kewajiban wajib belajar sembilan tahun.  Saat ini pendidikan di Indonesia terbagi menjadi tiga jalur utama, yaitu pendidikan formal, informal, dan nonformal. Dan jenjang dalam pendidikan juga di bagi menjadi 4 yaitu anak usia dini, dasar, menengah dan tinggi.

Wajah sistem pendidikan di Indonesia saat ini sangat memperhatinkan, dilain hal banyak warga yang bisa menyekolahkan anaknya hingga ke jenjang perguruan tinggi dengan lancer dan tanpa memikirkan biaya yang harus dikeluarkan, sedangkan dipihak lain, ada orang tua yang berfikir ulang untuk menyekolahkan anaknya karena bagi mereka menyekolahkan anak hanya akan membuang uang yang tidak akan menghasilkan apapun. Ini tiada lain karena masalah pendidikan di Indonesia masih mendapatkan perhatian yang sangat minim dari pemerintah. Gambaran ini tercemin dari beragamnya masalah pendidikan yang makin lama makin rumit. Kualitas siswa masih rendah, pengajar kurang professional, biaya pendidikan yang sangat mahal, serta undang-undang pendidikan yang kacau. Dampak dari keburukan tersebut negeri kita kedepannya akan semakin terpuruk. Dalam menyelesaikan masalah pendidikan tidak semestinya dilakukan secara terpisah-pisah, namun harus secara menyeluruh. Artinya jangan hanya memperhatikan pada kenaikan biaya pendidikan saja, namun juga perhatikan sumber daya manusianya, dan mutu pendidikan yang masih rendah.

Kondisi ideal dalam bidang pendidikan salah satunya adalah setiap anak bisa bersekolah hingga tingkat SMA tanpa membedakan status apapun, karena sekolah itu merupakan hak mereka. Meneruskan dan mengefektifan program rehabilitasi gedung-gedung sekolah sehingga terbangun fasilitas pendidikan yang memadai dan lebih bermutu, dan juga menambahkan teknologi informatika diagarkan mengajar bisa lebih efektif dan berkualitas.  Memperbaiki tingkat kualitas guru, dosen ataupun peneliti lainnya agar mampu menciptakan lingkungan yang kondusif dan inovatif, tidak hanya kelas diisi dengan pengajaran guru yang mengajar focus pada murid terpintar ataupun teraktif saja. Karena pebentuka  karakter siswa disekolah sangatlah penting, karena pendidikan karakter merupakan basic atau dasar dalam pembentukkan karakter berkualitas bangsa, yang tidak hanya bisa menghafal saja namun bisa menerapkan sehari-hari dengan tidak mengabaikan nilai-nilai seperti gotong-royong, sikap nasionalis, dan sikap saling membantu antar sesamanya. Dengan pendidikan karakter, tidak hanya menciptakan pribadi yang unggul dalam segi materi pelajaran, namun juga dapat menciptakan pribadi-pribadi yang lebih sukses dan dapat membangun bangsanya sendiri.

 

Daftar Pustaka:

http://www.indonesia.go.id/in/sekilas-indonesia/visi-misi-dan-strategi

http://kampus.okezone.com/read/2013/06/01/373/816111/mutu-pendidikan-di-indonesia-masih-rendah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: