Definisi Ketahanan Nasional

Definisi ketahanan nasional menurut berbagai kondisi:

  1. Ketahanan Nasional sebagai kondisi.

Dalam hal ini melihat ketahanan Nasional sebagai suatu penggambaran atas keadaan yang seharusnya dipenuhi. Keadaan atau kondisi ideal demikian memungkinkan suatu negara memiliki kemampuan mengembangkan dan memperluas kekuatan nasional sehingga mampu menghadapi segala macam ancaman dan gangguan bagi kelangsungan hidup bangsa yang bersangkutan.

 

  1. Ketahanan Nasional sebagai pendekatan/metode/cara menjalankan suatu kegiatan

Sebagai suatu pendekatan, ketahanan nasional menggambarkan pendekatan yang integaral. Integral dalam arti pendekatan yang mencerminkan antara segala aspek/ isi, baik pada saat membangun maupu pemecahan masalah kehidupan. Dalam hal ini  pemikiran yang menyangkutpautkan dengan pendekatn ini menggunakan pemikiran kesisteman.

 

  1. Ketahanan Nasional sebagai doktrin.

Ketahanan nasional merupakan salah satu konsepsi khas Indonesia  yang berupa ajaran konseptual tentang pengaturan dan penyelenggaraan bernegara. Sebagai doktrin dasar nasional, konsep ketahanan nasional dimasukkan dalam GBHN agar setiap orang , masyarakat, dan penyelenggara negara menerima dan menjalankannya

Ketahanan nasional pastinya mempunyai rumusan dengan pengertian yang baku dalam upayanya menghadapi dinamika perkembangan dunia dari masa ke masa. Kepastian itu menjadi keharusan karena dipakai sebagai titik dasar atau titik tolak untuk gerak implementasi ataupun penerapan didalam hidup dan kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.

Dengan demilikian ketahanan nasional dapat diartikan sebagai : kondisi dinamis yang merupakan integrasi dari setiap aspek kehidupan bangsa dan Negara . Pada hakikatnya ketahanan nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidup menuju kejayaan bangsa dan Negara, dan ketahanan nasional indonesia adalah : suatu kondisi suatu bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yang terintegrasi berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan megatasi Ancaman, Gangguan, Hambatan, Tantangan (AGHT) baik yang datang dari dalam maupun dari luar negeri untuk menjamin identitas, integritas dan kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapi tujuan nasionalnya.

Dalam pengertian tersebut dapat dsimpulkan bahwa ketahanan nasional adalah konsisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan, dengan pembinaan sejak dini, sinergik dan kontinue, secara pribadi, keluarga, daerah dan nasional. Dengan bermodalkan keuletan, keberanian, maupun ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, berdasarkan pemikiran geostrategis berupa : konsepsi yang dirancang dan dirumuskan dengan memperhatikan kondisi dan konstelasi geografis Indonesia, konsepsi tersebut dinamakan konsepsi ketahanan nasional Indonesia. Konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang, sereasian dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh dan terpadu berdasarkan pancasila, UUD 1945 dan Wawasan Nusantara. Dan pedoman dalam konsepsi ketahanan nasional merupakan pedoman untuk meningkatkan keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dengan pendekatan kesejahteraan seperti yang digambaran pada kemampuan bangsa dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai-nilai nasionalnya demi kemakmuran yang adil dan merata.

            Kedudukan ketahanan nasional, ketahanan nasional merupakan suatu ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh bangsa Indonesia serta merupakan cara terbaik yang perlu kita diimplementasikan lagi secara berlanjut dalam rangka membina kondisi kehidupan nasional yang ingin di wujudkan, wawasan nusantara dan ketahanan nasional berkedudukan sebagai landasan konseptual, yang dasari oleh adanya pancasila sebagai landasan ideal dan UUD sebagai landasan konstisional dalam pradigma pembangunann nasional. Keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, untuk dapat menjamin kelangsungan hidup bangsa dan Negara untuk mencapai suatu tujuan nasionalnya.

 

Fungsi Ketahanan Nasional

Fungsi dari ketahanan nasional, ketahanan nasional dalam fungsinya sebagai doktrin dasar nasional perlu kita pahami untuk menjamin tetap terjadi suatu pola piki, pola sikap, pola tindak dan pola kerja dalam menyatukan langkah bangsa yang bersifat inter-regional atau wilayah, inter-sektoral maupun multi disiplin. Konsep doktriner ini perlu, supaya tidak adanya cara berfikir yang bersifat sektoral. Salah satu alasannya adalah bahwa jika ada penyimpangan terjadi, maka akan menimbulkan pemborosan waktu, tenaga dan sarana, yang bahkan berpotensi dalam suatu cita-cita atau harapan suatu bangsa. Ketahanan nasional juga berfungsi sebagai pola dasar pembangunan nasional. Pada hakekatnya merupakan suatu arah dan pedoman dalam pelaksanaan pembangunan nasional disegala bidang dan sektor pembangunan secara terpadu, yang dilakukan sesuai dengan rancangan suatu program. Hakikat konsepsi ketahanan nasional Indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang, secara serasi dan selaras dalam seluruh aspek-aspek kehidupan nasional dan secara utuh maupun menyeluruh ataupun terpadu berdasarkan pancasila, Undang Undang Dasar 1945, dan wawasan nusantara. Dengan kata lain konsepsi ketahanan nasional merupakan suatu pedoman ataupun sarana untuk meningkatkan metode keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional dengan pendekatan kesejahteraan dan keamanan. Keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan ini, didasarkan pemikiran geostrategic yang berupa, suatu konsep yang dibuat atau direncanakan dan dirumuskan dengan memperhatikan kondisi dan konsentrasi geografis Indonesia. Kemampuan bangsa dalam menumbuhkan dan mengmbangkan suatu nilai-nilai nasionalnya demi kemakmuran yang adil dan merata, rohaniah dan jasmaniah. Begitu juga dengan keamanan, yang digambarkan sebagai kemampuan bangsa dalam melindungi nilai-nilai nasionalnya terhadap ancaman dari dalam negeri maupun dari luar.

 

Sumber :

http://krblanglangbuana.wordpress.com/2012/12/14/ketahanan-nasional-indonesia/

 

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/pendidikan-kewarganegaraan/ketahanan-nasional-bagian-1

 

http://mugetsuryan.blogspot.com/2012/06/definisi-ketahanan-nasional.html

 

 

 

One thought on “Definisi Ketahanan Nasional

  1. Ferry says:

    izin share ya tante, trima kasih sebelumnya😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: